Buruh Demo, Bupati Sumedang H. Endang Sukandar Pandu Lagu 'Halo-Halo Bandung'

Kota Sumedang, Indofakta Online –

Ratusan buruh yang tergabung dari delapan serikat buruh Senin (28/10) mendatangi gedung DPRD Kab. Sumedang. Kedatangan buruh tersebut untuk menyampaikan tuntutan atas minimnya upah buruh.

Menurut parah buruh, hingga saat ini masih banyak pelanggaran hak-hak normatif atas pekerja/ buruh karena tidak berjalannya fungsi pengawasan dan penegakan hukum.

Berkaitan dengan hal tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja/ buruh, Serikat Pekerja/ Serikat Buruh Kab. Sumedang “Bersatu” menuntut DPRD dan Bupati Sumedang, agar merekomendasikan kepada Pemerintah pusat dan membuat kebijakan di daerah.

Adapun tuntutan buruh, diantaranya : Cabut Inpres No. 09 Tahun 2013 dan revisi Kepmenakertrans No. 13 Tahun 2012. Naikkan Upah layak Kabupaten Sumedang Tahun 2014 Sebesar Rp. 2.355.000,. Menolak dan menghapus Outsourcing dan sistem kerja kontrak. Dan diminta Pemerintah pusat membuat Perpu UU No. 3 Tahun 1951 Tentang Pengawasan Perburuhan.

Bupati H. Endang Sukandar, di dampingi Kapolres Sumedang, AKBP. Hadianur, S.IK., Ketua Komis C drg. Rahmat Juliadi, MHKes., Setda Zaenal Alimin dan Kepala Bidang Perlindungan Tenaga Kerja, Jarkasih, SH, di gedung DPRD menyatkan sikap, menerima dan sepakat atas tuntutan buruh.

“Saya sepakat untuk membela buruh, dan menyatakan segala tuntutan buruh akan disampaikan ke pusat. Sekarang saudara bisa pulang dengan tertib, dan kembali dengan selamat,” kata bupati, H. Endang Sukandar, sembari menyanyikan lagu “Halo-halo Bandung”.

Joel

Berita Sebelumnya







info prakiraan cuaca|sumber: http://bmkg.go.id/hp/cuacan2.html



ALPAMART