Dewan Prihatin Kinerja Eksekutif Yang Tak Membuat Renja & Renstra

2013-11-15 19:24:47

Kuala Kapuas, Indofakta Online

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas meminta kepada pihak eksekutif agar membuat Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis (Renstra), nampaknya hal itu dihiraukan dan dicueki oleh pihak eksekutif.

Hal tersebut dituturkan oleh Anggota DPRD Kapuas Drs Elieser Timbung kepada wartawan, karena hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya pihak eksekutif yang belum membuat Renja dan Renstra, pada saat kegiatan pembahasan KUA PPAS Tahun 2014 bertempat di ruangan rapat gabungan komisi.

Anggota Komisi I DPRD Kapuas ini mengatakan bahwa sejumlah pihak eksekutif masih malas dalam melakukan apa yang sudah menjadi kewajiban, karena Renja dan Renstra tersebut sebagai acuan apa yang dilakukan eksekutif pada tahun berikutnya.

Eliser mengatakan seharusnya Renstra dan Renja sudah dibuat pada saat penyusunan RPJMD Kemarin, padahal hal ini sudah lama saya sampaikan kepada pihak eksekutif, tetapi hingga sekarang pembahasan KUA PPAS Tahun 2014, ini masih banyak eksekutif yang belum membuat Renstra dan Renja tersebut.

Dari puluhan SKPD yang ada di Kabupaten Kapuas hanya ada 8 SKPD saja yang membuat dan menyampaikan ke Dewan, selain itu Renja dan Renstra yang dibuat pihak eksekutif juga tidak sesuai dengan jumlah anggaran yang pertama kali dibuat oleh para SKPD.

Selain itu iya mengatakan dana yang diusulkan oleh para eksekutif itu, banyak yang tidak sama dengan jumlah dana yang diusulkan sebelumnya, akibatnya dana yang paling menumpuk yaitu berada di Dinas Pekerja Umum kurang lebih sebesar 289 Milyar dan di Sekretariat Daerah yang semula 13 Milyar menjadi 29 Milyar.

Kita sangat prihatin atas hal tersebut seharusnya anggaran itu tidak tertumpuk di satu instansi saja, tapi hendaknya bisa terbagi diinstansi-instansi lainnya sesuai dengan kebutuhan, sehingga anggaran tersebut tidak Cuma terserap di Infrastruktur saja tapi juga terserap di Pendidikan, Kesehatan, Pertanian dan lain sebagainya,” ungkap Eliser. (Tommy)

 

Berita Sebelumnya

Berita Selanjutnya



Share:     Share on Google+
KPK