Ketua DPRD Jabar Apresiasi Penyelenggaraan Musrenbang

2013-04-10 16:33:52

Bandung,Indofakta Online

Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara dalam penyelenggaraan Musrenbang tahun 2013, menghadiri acara tahunan tersebut. Terkait dengan penyelenggaraan Musrenbang, Irfan, dalam keterangannya kepada wartawan di Hotel Horison Bandung (10/4) menyatakan apresiasinya atas penyelenggaraan acara tersebut.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan Musrenbang ditampung berbagai gagasan dan aspirasi mulai dari tingkat Kelurahan/desa sampai dengan tingkat Provinsi. Dari aspirasi dan gagasan tersebut, disaring dan dievaluasi menjadi program/kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya. Namun, dalam tataran program dan kegiatan dalam APBD yang diawali dengan pembuatan KUA dan PPAS, gagasan dan aspirasi tersebut, merupakan salah satu input saja, karena program dan kegiatan juga diambil dari aspirasi di luar hasil Musrenbang.

Di pihak DPRD Jabar sendiri, untuk aspirasi yang dihimpun dlam Musrenbang, dapat diperjuangkan menjadi kegiatan ataupun program, asal saja mempunyai manfaat secara politis, dukungan anggaran tersedia serta berdasarkan hasil pengawasan kegiatan tersebut efektif untuk diselenggarakan.

Pihak DPRD Jabar, atas masukan dukungan anggaran untuk penguatan pembangunan di pedesaan juga mengapresiasi. Bahkan atas kegiatan tersebut, di tahun-tahun yang lalu sudah diakomodir, dengan besaran dana yang variatif, ada Rp.100 juta per desa, dibawah 100 juta per desa bahkan ada yang mencapai Rp.600 juta untuk satu desa. Bantuan tersebut, diperuntukkan untuk kesra masyarakat yang disepakati oleh pihak eksekutif dan legislatif.

Khusus bantuan desa yang dikucurkan tahun ini, dengan besaran Rp.100 juta per desa, untuk desa yang belum dicairkan anggarannya tahapannya sudah memasuki tahapan melengkapi pesyaratan administrasi yang dikelola langsung oleh pihak BPPMD Jabar. Soal waktu pencairan, ujar Irfan disesuaikan dengan kebutuhan desa yang bersangkutan. Jika mendesak, pencairan dana tersebut bisa dilakukan awal tahun. (Nr)

Berita Sebelumnya

Berita Selanjutnya



Share:     Share on Google+
KPK