30 Apr, 2024

Cegah Kerugian Negara, BPN Banten Rangkul Kejaksaan

Indofakta.com, 2024-04-04 17:02:59 WIB

Bagikan:

 

Baca juga: Penutupan Musrenbang Kejaksaan 2024, Jaksa Agung : Wujudkan Transformasi Sistem Penuntutan dan Advocaat Generaal

Hadapi Masalah Hukum, BPN Teken MoU dengan Kejati Banten

SERANG- Kejaksaan Tinggi Banten bersama dengan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten menggelar perjanjian kerjasama yang ditandai penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang penanganan masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Dr. Didik Farkhan Alisyahdi dan Kepala Kantor Wilayah BPN Banten Sudaryanto, SH., MM, bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi Banten, Kamis (4/4/2024).

Baca juga: PN Bandung Gagalkan Hukuman Mati Empat Terdakwa Narkotika Sabu Tujuh Kilogram

Dalam acara tersebut, juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kejaksaan Negeri Se-Wilayah Banten dengan Badan Pertanahan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten, penandatangan disaksikan langsung oleh Kajati Banten dan Kakanwil BPN Banten serta disaksikan secara virtual oleh Menteri ATR/BPN yang diwakili oleh Dirjen Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kementrian ATR/BPN Bapak Ilyas Tedjo, SH. dan Staf Khusus Menteri ATR/BPN Bidang Hukum & Perundang-Undangan Sigit Raditya, MIS., MA.

Hadir dalam acara Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Ahelya Abustam, SH.MH., Para Asisten, Para Kepala Kejaksaan Negeri Se-Wilayah Banten, Para Koordinator dan Para Kepala Kantor Pertanahan se-wilayah banten.  
Kajati Banten Didik Farkhan Alisyahdi menyampaikan dengan Kerjasama antara Kejaksaan Tinggi Banten dengan Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Banten diharapkan dapat memberikan sumbangsih pencerahan masukan maupun saran melalai tupoksi datun. 
“Saya harapkan untuk kompak dan bersinergi serta dukung tugas BPN ke depan jangan sampe tersandung masalah memitigasi risiko hukum terhadap AGHT” ungkapnya.

Selain itu kata Didik, juga memberikan Pertimbangan Hukum berupa pendampingan hukum dan pendapat hukum serta menjadi mediator, konsiliator dan memfasilitasi Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Banten dan Jajaran terkait Pelaksanaan Kegiatan Pendaftaran tanah Sistematis (PTSL), Redistribusi Tanah dan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum. 
“Saya menghimbau kepada Para Kajari Se-Wilayah Banten untuk menginstruksikan jajarannya yaitu Kasi Datun agar melaksanakan antisipasi maupun penyelesaian permasalahan keperdataan yang dihadapi oleh Badan Pertanahan Nasional di wilayah Kejaksaan Tinggi Banten dengan memberikan Bantuan Hukum baik litigasi maupun non litigasi” Ujarnya. 

Selain itu diharapkan kepada Kasi Intel agar melaksanakan Pengawalan dan Pengamanan terhadap Ancaman, Gangguan, Hambatan dan tantangan (AGHT) yang muncul terhadap kegiatan tersebut. 
Pada kesempatan itu, Kakanwil BPN Banten menyampaikan dengan adanya MoU dan dan Perjanjian Kerjasama ini diharapkan kedepan semua kegiatan yang berkaitan dengan permasalahan hukum dapat berjalan dengan lancar atas terselenggaranya kegiatan Proyek Strategis Nasional (PSN) maupun Proyek Strategis Daerah (PSD),  sehingga dengan adanya pendampingan hukum ini saling mengingat akan kesalahan yang mengakibatkan kerugian negara. ( Muzer)

Baca juga: Dit Reserse Narkoba Polda Sumut Amankan 26 Pelaku Narkoba dan 38 Kg Sabu

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online