30 Apr, 2024

Biden Peringatkan Iran agar Tidak Serang Israel Paska Insiden di Damaskus

Indofakta.com, 2024-04-13 06:51:25 WIB

Bagikan:

Washington -- Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada hari Jumat(12/04) memperingatkan Iran agar tidak menyerang Israel di tengah spekulasi bahwa Teheran akan segera melakukan pembalasan atas pengeboman konsulatnya di Damaskus, Suriah pada awal bulan ini.

Baca juga: Misil Rusia Hantam PLTN Ukraina Bagian Tengah dan Barat

"Kami berdedikasi untuk membela Israel. Kami akan mendukung Israel. Kami akan membantu membela Israel, dan Iran niscaya tidak akan bisa berhasil," kata Biden kepada para wartawan saat mengakhiri pidato virtualnya di hadapan sebuah kelompok hak-hak sipil.

Baca juga: Pemberontak Rusia Bersumpah Hanguskan Putin dalam 'Api Revolusi' ditengah Kepanikan Kremlin

Israel dalam posisi siaga sangat tinggi di tengah-tengah pernyataan publik Iran untuk menyerang target-target Israel sebagai pembalasan atas serangan udara pada 1 April yang lalu terhadap fasilitas diplomatiknya di ibukota Suriah. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Nasional Iran, termasuk dua jenderal top.

Iran menuding Israel sebagai pelaku serangan tersebut dan mengancam akan membalasnya. Namun, Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, tetapi telah melakukan sejumlah serangan terhadap target-target Iran di seluruh Suriah selama berbulan-bulan.

Baca juga: Pramugara AS Didakwa Merekam Gadis Remaja di Kamar Mandi Pesawat

Baik Iran maupun Hizbullah, sekutu utamanya di Lebanon, telah mengatakan bahwa serangan tersebut tidak akan luput dari ganjaran.

Baca juga: Rotasi Bumi Melambat, Menyebabkan Hari Terasa Lebih Panjang, Kata Para Ilmuwan

Ketika ditanya oleh seorang reporter mengenai seberapa dekatnya serangan Iran, Biden mengatakan bahwa harapannya adalah "lebih cepat dari yang diharapkan."

Ketegangan ini terjadi ketika Israel terus melancarkan serangan militer yang mematikan di Jalur Gaza setelah serangan lintas batas pada awal Oktober oleh Hamas, yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Lebih dari 33.600 warga Palestina telah terbunuh di Gaza dan lebih dari 75.800 lainnya terluka di tengah-tengah kehancuran massal dan kekurangan bahan pokok.(Why/aa)

Sumber:https://www.aa.com.tr/en/americas/biden-warns-iran-against-attacking-israel-amid-expected-retaliatio

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online