21 May, 2024

Timnas Uzbekistan Sukses Menaklukkan Indonesia untuk Menjaga Mimpi Meraih Gelar Juara

Indofakta.com, 2024-04-30 05:43:23 WIB

Bagikan:

Doha -- Uzbekistan melaju ke final Piala Asia U23 AFC™ untuk edisi ketiganya dalam empat edisi setelah mengalahkan Indonesia 2-0 pada semifinal Qatar 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Senin (29/04).

Baca juga: Prediksi Liga Italia: Inter Milan vs Lazio

Kemenangan ini juga memastikan tempat Uzbekistan di Olimpiade, sementara Indonesia harus memenangkan perebutan tempat ketiga pada hari Kamis jika mereka ingin memastikan tiket ke Paris 2024.

Baca juga: Saudari Pemimpin Korea Utara Menyangkal Isu Pertukaran Senjata Dengan Rusia

Pelatih tim, Timur Kapadze, melakukan enam pergantian pemain pada tim yang telah mengalahkan Arab Saudi di perempat final, termasuk sang pencetak gol kemenangan, Khusain Norchaev, sedangkan Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain - dimana Ramadhan Sananta menjadi pemain inti untuk menggantikan Rafael Struick yang terkena skorsing.

Namun, Uzbekistan dengan cepat dapat bangkit dengan Abbosbek Fayzullaev yang mendominasi permainan di lini tengah, dan Ivar Jenner yang menjadi penjaganya kesulitan untuk menghadapi tipu daya dan pergerakan sang gelandang CSKA Moscow.

Dua peluang awal tercipta dari sisi kanan dengan Alisher Odilov memaksa Ernando Ari melakukan penyelamatan refleks di tiang gawangnya, yang dilanjutkan dengan tendangan keras Ulugbek Khoshimov yang diakhiri dengan tendangan yang sedikit melebar dari tiang gawang.

Gawang Indonesia hampir saja kebobolan ketika gelandang Abdurauf Buriev melepaskan tendangan keras dari jarak jauh pada menit ke-30 yang membentur mistar gawang, namun sayang sekali, Uzbekistan tidak mampu memanfaatkan dominasi mereka.

Baca juga: Anggota DPR Taiwan Saling ‘Adu Jotos’ Dalam Perselisihan Sengit Mengenai Reformasi Badan Legislatif

Kapadze memasukkan Jasurbek Jaloliddinov dan Norchaev di babak kedua, dimana Uzbekistan terus menghujani gawang Indonesia dengan tendangan-tendangan yang dilepaskan oleh Zafarmurod Abdirakhmatov, Odilov, dan Jaloliddinov.

Di tengah jalannya pertandingan, Indonesia tampak memecah kebuntuan pada menit ke-61 setelah Muhammad Ferrari menyarangkan bola ke gawang lawan setelah terjadi situasi bola mati, namun gol tersebut dianulir karena Ramadhan berada dalam posisi offside.

Baca juga: Pelaku Penembakan PM Slovakia Diidentifikasi Sebagai Penulis dan Penyair Berusia 71 Tahun

Setelah selamat dari ancaman tersebut, Uzbekistan memimpin tujuh menit kemudian ketika Muhammadkodir Hamraliev melepaskan umpan silang sempurna dari sisi kanan yang berhasil ditanduk oleh Norchaev.

Uzbekistan berusaha keras untuk mencetak gol kedua, tendangannya membentur tiang gawang melalui upaya Fayzullaev dan Norchaev sebelum Umarali Rakhmonaliev melepaskan tendangan yang masih melambung setelah mendapat tekanan dari Ferrarri.

Harapan Indonesia untuk bangkit kembali mengalami rintangan di menit ke-84 setelah wasit Shen Yinhao mengusir Rizky Ridho karena melakukan tekel keras kepada Jaloliddinov setelah wasit mengamati tinjauan VAR.

Dari tendangan bebas berikutnya, Uzbekistan menggandakan keunggulan mereka setelah Ernando berhasil menangkis tendangan keras Jaloliddinov, dengan sundulan Abdukhodir Khusanov dari bola rebound yang membentur tiang gawang, namun dalam perebutan bola, Pratama Arhan dan kiper lawan saling menghalangi dan bek kiri Indonesia itu mengirim bola ke dalam gawang.(Why/ta)

Sumber:https://www.the-afc.com/en/national/afc_u23_asian_cup/news/uzbekistan_beat_indonesia_to_keep_title_d

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online